EUR/USD: Berita Acara ECB Bisa Mendorong Atau Melemahkan EUR

Kemunduran EUR/USD dari tertinggi dua minggu 1,2396 ke 1,2365 di Asia menunjukkan reli dari terendah 6 April 1,2216 mungkin telah kehabisan tenaga, mungkin karena meningkatnya kekhawatiran perang AS-Rusia atas Suriah.

Juga, berita acara Fed membawa nada hawkish, tetapi gagal mengangkat yield treasury mungkin karena ketegangan geopolitik memicu pemindahan dana ke aset-aset yang lebih aman (kenaikan permintaan untuk Treasuries). Namun, mayoritas yang signifikan percaya bahwa respon tidak bersemangat dari yield treasury merupakan indikasi bahwa pasar tidak mempercayai pembicaraan hawkish Fed.

Oleh karena itu, greenback bisa berada di bawah tekanan (EUR/USD dapat melanjutkan reli) jika ketegangan AS-Rusia memudar.

Bisa dikatakan, nasib EUR juga tergantung pada nada berita acara ECB, hari ini pukul 11:30 GMT. Nada hawkish dapat meningkatkan peluang kenaikan suku bunga lebih awal dan menempatkan penawaran beli pada mata uang umum.

Catatan, pasar uang telah menurunkan kemungkinan kenaikan 10bps dalam suku bunga deposito ke Juni 2019, dibandingkan dengan Maret 2019 yang diperkirakan pada pergantian tahun. Juga, Fed merevisi lebih tinggi suku bunga netral pada pertemuan Maret. Oleh karena itu, reli yang sedang berlangsung tidak dapat dibenarkan, menurut harapan suku bunga. Oleh karena itu, EUR berisiko jatuh tajam jika berita acara ECB membawa nada dovish.

Level-Level Teknis EUR/USD

Penutupan di bawah 1,2330 (MA 50-hari) akan mengkonfirmasi reli dari 1,2216 telah berakhir dan dapat menghasilkan pullback lebih dalam ke 1,2254 (terendah 3 April) dan 1,2216 (terendah 6 April). Di sisi yang lebih tinggi, pergerakan di atas 1,24 (level psikologis) akan menghidupkan kembali pandangan bullish dan membuka sisi atas menuju 1,25 (rintangan psikologis) dan 1,2556 (tertinggi 16 Februari).

Tentang Penulis

Gibran