EUR/USD Naik Lebih Tinggi dan Menguji 1,1570 Karena FOMC Dovish

Nada dovish dalam ringkasan pertemuan FOMC pada hari Rabu melukai Greenback dan mengirim EUR/USD ke puncak baru sepanjang tahun ini di sekitar 1,1570.

EUR/USD dalam penawaran beli setelah FOMC, menanti ECB

Pasangan ini naik untuk 2 sesi berturut-turut hari ini, didorong oleh pesan dovish kemarin dalam ringkasan pertemuan FOMC sementara juga didukung oleh sentimen positif berbasis luas di ruang terkait risiko.

Bahkan, ringkasan pertemuan FOMC menunjukkan para anggota sekarang tampak lebih fleksibel pada kemungkinan pengetatan lebih lanjut melalui kenaikan suku bunga selama inflasi domestik tetap terkendali.

Sementara itu, probabilitas kenaikan suku bunga yang lebih tinggi oleh The Fed pada Semester 1 2019 tetap sekitar 10-12% menurut alat FedWatch CME Group berdasarkan harga berjangka Fed Fund.

Selanjutnya pada hari ini, ECB akan menerbitkan ringkasan pertemuan Desember, dalam apa yang akan menjadi satu-satunya rilis penting di Euroland. Di AS, banyak pembicara Fed yang mencakup Powell, Clarida, Bullard, Barkin, Evans dan Kashkari. Di kalender, hanya Klaim Awal yang akan dirilis.

Apa yang harus diperhatikan di sekitar EUR/USD

Dalam waktu yang sangat dekat, ringkasan pertemuan ECB hari ini akan membawa lebih banyak detail mengenai pandangan Dewan tentang risiko yang dihadapi perkiraan bank serta potensi arah bimbingan ke depan dalam beberapa bulan mendatang. Pada skenario yang lebih luas, gejolak politik di Italia, diskusi mendatang tentang anggaran Perancis bersama dengan kerusuhan sosial yang sedang berlangsung dan probabilitas bahwa ekonomi Jerman bisa memasuki resesi teknis di Q4 adalah di antara hambatan utama yang dihadapi mata uang bersama dalam beberapa bulan mendatang.

Level EUR/USD yang harus diperhatikan

Saat ini, pasangan tersebut naik 0,15% ke 1,1558 menghadapi rintangan berikutnya di 1,1570 (tertinggi 10 Jan 2019) diperbanyak oleh 1,1621 (tertinggi 16 Oktober 2018) dan akhirnya 1,1733 (tertinggi Agustus 2018). Di sisi lain, terobosan di 1,1478 (SMA 100-hari) akan menargetkan 1,1402 (SMA 21-hari) dalam perjalanan ke 1,1306 (terendah 3 Jan 2019).

Sumber : FXStreet

Tentang Penulis
Gibran

Gibran


Mulai bekerja di OmahForex pada tahun 2017 sebagai IT dan server maintenance.