Optimisme Investor Terhadap Ekonomi Jerman Sedikit Melemah

Kepercayaan investor terhadap kondisi ekonomi di Jerman menurun untuk pertama kalinya dalam enam bulan terakhir, seperti yang dilaporkan dari data survei Pusat Penelitian Ekonomi Eropa/ZEW menunjukkan bahwa indikator sentimen ekonomi turun 0,3 poin menjadi 61,7 pada bulan Januari dari 62. Angka ini merupakan yang tertinggi dalam tujuh tahun terakhir.

Germany Zew Economic Sentiment Index

Skor tersebut diperkirakan akan meningkat kembali menjadi 64. Di sisi lain , penilaian para ekonom atas situasi ekonomi saat ini naik 8,8 poin menjadi 41,2, nilai tersebut adalah yang tertinggi sejak Mei 2012.

Produk domestik bruto (GDP) tercatat meningkat 0,4 persen sepanjang tahun 2013. Biro statistik Jerman (Destatis) mencatat pertumbuhan GDP untuk kuartal keempat tahun 2013 sebesar 0,25 persen.

Germany GDP Growth Rate

Sementara Bundesbank melaporkan  pertumbuhan GDP akan naik menjadi 1,7 persen pada tahun 2014 dan 2 persen pada tahun 2015. Survei ini menunjukkan adanya penilaian bahwa ekonomi Jerman akan mencatat pertumbuhan GDP yang relatif bagus sekitar 1,5 persen tahun ini dan juga mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi ketimbang mendukung penurunan indikator.

Analis Vibiz Research melihat dengan pasar tenaga kerja yang solid, peningkatan gaji yang bagus, peningkatan investasi secara bertahap, dan pesanan barang yang ramai, ekonomi Jerman tampaknya akan tumbuh lebih cepat tahun ini. Selain itu, ekspektasi pertumbuhan ekonomi untuk kawasan euro meningkat 5 poin menjadi 73,3. Demikian juga dengan indeks situasi ekonomi yang naik 6,2 poin menjadi -48,2.

(ra/JA/vbn)

Pic: businessinsider

Bagikan...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Tentang Penulis

VibizNews