USD/JPY Pulih Dari Terendah 2-Pekan, Bull Targetkan Tembus Di Atas 113,00

  • USD terbentuk dari rebound semalam dan membantu mendapatkan kembali daya tarik positif.
  • Memudarnya permintaan safe-haven membebani JPY dan tetap mendukung.

Pasangan USD/JPY menangkap beberapa tawaran beli pada hari ini dan berhasil memulihkan sebagian dari penurunan tajam sesi sebelumnya ke posisi terendah dua pekan.

Penurunan tajam dalam imbal hasil obligasiTreasury AS, yang mengarah ke inversi dari ujung pendek kurva imbal hasil, memberi beberapa tekanan ke bawah pada Dolar AS dan ternyata menjadi pemicu utama bagi pedagang bearish pada hari Selasa.

Ditambah dengan putaran aksi jual lain di pasar ekuitas AS lebih lanjut mendukung permintaan safe-haven Yen Jepang dan berkolaborasi untuk penurunan intraday tajam pasangan ini lebih dari 100-poin, ke level terendah sejak 20 November.

Namun, pemulihan USD terlambat, didukung oleh komentar hawkish Presiden Fed New York Williams, mengatakan bahwa ekonomi kuat dan mendukung kenaikan suku bunga secara bertahap selama tahun depan atau lebih, membantu meredakan tekanan bearish.

Greenback melanjutkan rebound semalam dan dipandang sebagai salah satu faktor kunci yang membantu pasangan ini untuk kembali mendapatkan beberapa daya tarik positif pada hari Rabu, bull sekarang tampak akan memperpanjang momentum lebih jauh di atas 113,00.

Namun, suasana risk-off yang umum, ditambah dengan nada lemah di sekitar pasar obligasi AS mungkin terus berkontribusi dalam membatasi setiap reli di tengah tidak adanya rilis ekonomi penggerak pasar yang relevan.

Prospek teknis

Omkar Godbole, Analis dan Editor di FXStreet menjelaskan, “Support MA 100 hari di 112,24 dapat diuji dalam satu atau dua hari ke depan. Memang, spot telah kembali lebih tinggi ke 113,00. Namun, kenaikan ini bisa berumur pendek.”

“Perlu dicatat bahwa MA 100-hari menangkap terendah pada penutupan bulan Agustus, September dan Oktober. Akibatnya, penutupan di bawah level itu akan menandakan akhir reli dari terendah Maret di 104,63,” tambahnya lebih lanjut.

Sumber : FXStreet

Tentang Penulis
Gibran

Gibran


Mulai bekerja di OmahForex pada tahun 2017 sebagai IT dan server maintenance.